• MA SALAFIYAH SYAFI'IYAH PROTO
  • QUR'ANI - BERPRESTASI - SANTUN - PEDULI LINGKUNGAN

Melihat Keagungan Ciptaan ALLAH SWT dari Proses Fotosintesis Tumbuhan (Oleh: Amanda Salsabila X MIA 1)


Fotosintesis berasal dari kata photo yang artinya cahaya, dan synthesis yang artinya menggabungkan/penggabungan.
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan melalui proses biokimia pada klorofil dengan bantuan sinar matahari. Karena melakukan fotosintesis, tumbuhan ini pun dikategorikan sebagai organisme autotrof.
Klorofil berasal dari bahasa yunani chloros yang artinya hijau dan phullon yang artinya daun.
Klorofil merupakan pigmen pada tumbuhan hijau yang berfungsi menangkap sinar matahari lalu dikonversi menjadi energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat.
Hasil dari fotosintesin ini merupakan sumber energi bagi setiap organisme dibumi. Oleh karena itu, Allah mengingatkan kita sebagai makhluknya untuk melihat keagungan ciptaan-Nya yaitu dari hasil fotosintesis berupa buah dan sayuran yang biasa kita makan. Allah SWT. berfirman dalam QS. Asy-Syu'ara':7 yang artinya "Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya kami tumbuhkan dibumi itu berbagai macam tumbuhan-tumbuhan yang baik? "

A. Proses fotosintesis
Karbondioksida yang diambil oleh mulut daun pada malam hari, kemudian dilanjutkan dengan mengambil air dari dalam tanah menggunakan akar. Air tersebut dibawa oleh sistem transportasi pada tumbuhan akan menyerap cahaya tersebut sebagai energi utama dalam pembuatan glukosa. Glukosa yang dihasilkan menjadi bahan bakar dasar untuk diolah lagi menjadi zat makanan seperti protein dan lemak bagi tumbuhan.

B. Reaksi fotosintesis
Proses fotosintesis fokus pada klorofil yang membutuhkan cahaya matahari untuk membuat glukosa. Sehingga fotosintesis sering terjadi pada pagi dan siang hari.
Meskipun demikian, proses fotosintesis juga terbagi menjadi dua reaksi, yaitu:
1. Reaksi terang => Reaksi fotosintesis yang terjadi pada pagi maupun siang hari karena membutuhkan cahaya matahari secara langsung. Cahaya matahari untuk mengubah molekul air menjadi oksigen dan hidrogen.
2. Reaksi gelap => Reaksi yang terjadi didalam stomata. Meskopun dengan reaksi gelap harus tetap menggunakan reaksi terang terlebih dahulu. Tujuan reaksi gelap ini adalah untuk menholah karbon dioksida menjadi glukosa.

Reaksi fotosintesis:
6CO2 + 6H2O+ Cahaya => C6H12O6 + 6O2

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Siswa MASS Proto Juara 3 English Debate Championship di Universitas Pekalongan

Assalamu'alaikum Pada tanggal 14-15 Maret 2020 yang lalu, siswa MASS Proto yang bernama Ainun Nisa (XI IIS 1), Mauliyya Milka Idaalah (X MIA 1), dan Himatul Azka (X MIA 3) ikut serta d

28/04/2020 10:48 - Oleh nafakhati@absen.com - Dilihat 1183 kali
Pencegahan wabah penyakit (COVID-19) dalam Islam (Oleh: Fina Idamatussilmi X IIS 2)

1. Rajin cuci tangan Hadits yang ditulis berdasarkan perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW, telah menyarankan umat Islam rajin cuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas. Ilm

19/04/2020 15:46 - Oleh nia@absen.com - Dilihat 1636 kali